BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Pages

08 Agustus, 2010

bab 47

Kan Ze Membantu Huang Gai menyerahkan Diri.

Pang Tong mengusulkan Merantai Kapal Cao2x.


Sekarang Huang Gai menulis sebuah surat sebagai tanda penyerahan dirinya pada cao2x.

Dia meminta Kan Ze yang setuju untuk membantunya agar menyerahkan surat ini pada Cao2x.

Kan Ze berasal dari Shan Yin, Dia berasal dari keluarga sederhana. Dia sangat menyukai buku tetapi dia terlalu miskin untuk membelinya. Dia memiliki ingatan yang sangat hebat, dia sangat pandai berbicara dan bukan seorang pengecut. Sun Quan memperkerjakannya sebagai salah satu penasehatnya. Dia dan Huang Gai adalah teman dekat.

Kan Ze berkata, "Jika kau telah menderita begitu banyak demi tuan kita, dapatkah aku berdiam diri saja ? tentunya tidak, ketika manusia hidup dia harus memenuhi tugasnya karena jika tidak maka lebih baik rumput2x obat yang ada dijalan daripada orang itu."
Huang Gai lalu memberi hormat padanya.

"Tetapi, masalah ini harus dikerjakan dengan cepat. Kita tidak boleh membuang-buang waktu," Kata Kan Ze.

"Surat ini sudah selesai kutuliskan." Kata Huang Gai.

Kan Ze menerima surat itu dan segera berpamitan. Malam itu dia menyamar sebagai seorang nelayan tua dan pergi dengan perahu kecil ke utara sungai. Dibawah malam yang dingin dan ditemani oleh sinar2x bintang, dia mengarungi sungai besar untuk bertemu dengan cao2x. Setelah mendekat ke tepi utara dia segera tertangkap oleh patroli pasukan cao2x.

Mereka segera membawa Kan Ze kapada cao2x yg berkata pada mereka, "Bukankah dia ini hanya seorang mata2x ?"

"Bukan," Kata mereka, "Dia sendirian, hanya seorang nelayan tua dan dia berkata dia adalah penasehat dari Wu yang bernama Kan Ze. Dia datang untuk urusan rahasia."

"Bawalah dia kemari." Kata Cao2x. dan Kan Ze segera dibawa kehadapannya.

Cao2x duduk di tenda yang diterangi oleh banyak lilin. Dia sedang duduk di depan sebuah meja kecil dan segera dia melihat tahanannya itu, dia berkata ,"Kau adalah penasehat dari Wu, apa yang sedang kau lakukan ditempat ini ?"

"Orang2x mengatakan bahwa kau sangat ingin memperkerjakan orang2x yang memiliki kemampuan. Aku tidak berpikir pertanyaan seperti itu pantas untukku." Kata Kan Ze.

"Kau tahu aku berperang dengan Wu dan kau datang kemari seorang diri. Kenapa aku tidak harus menanyakan hal itu padamu ?"

"Huang Gai adalah jendral Veteran Wu, dia telah bertugas selama 3 generasi. Sekarang dia telah diperlakukan tidak adil, tanpa kesalahan yg jelas didepan semua pejabat Wu, Zhou Yu menghukumnya dgn kejam. Dia sangat marah dan malu atas kejadian ini dan ingin membelot kepadamu sehingga dia dapat membalas dendam. Dia mendiskusikan hal ini denganku dan karena kamu adalah sahabat baik, aku datang untuk membawakan surat ini kepadamu untuk mencari tahu apakah kau mau menerima dia."

"Dimanakah surat itu ?" Kata Cao2x.

Kan Ze lalu memberikan surat itu dan menyerahkannya pada cao2x yang membukanya dan membacanya.

Setelah membacanya Cao2x berpikir dan berpikir lagi, dia membalik-balikan surat itu dan membacanya lagi.

Lalu dia memukul meja, dan marah, "Huang Gai mencoba untuk menipuku dan kau adalah utusannya untuk mengirimkan surat ini. Berani sekali kau datang dan mencoba menjebakku !!!"

Cao2x langsung memerintahkan pengawal2xnya untuk membawa utusan itu keluar dan memenggal kepalanya. Kan Ze segera dibawa keluar tetapi wajahnya tidak menampakkan ketakutan dan dia malah tertawa keras sekali.

Cao2x lalu memerintahkan mereka membawanya kembali dan berkata padanya, "Mengapa kau tertawa saat ini padahal aku telah mengetahui dan menggagalkan siasatmu ?"

"Aku tidak tertawa padamu. Aku tertawa pada keluguan temanku."

"Apa maksudmu dengan mengatakan bahwa dia lugu ?"

"Jika kau ingin membunuhku maka bunuhlah, jgn banyak bertanya !"

"Aku telah membaca semua buku perang dan aku sangat paham semua cara tipuan dari musuh. Siasat mu ini mungkin akan bisa digunakan kepada orang lain tetapi tidak akan berlaku untukku."

"Dan menurutmu bahwa surat itu adalah suatu siasat ?" Kata Kan Ze.

"Apa yg kukatakan adalah bahwa kau telah membahayakan dirimu sendiri dengna datang ketempat ini. Jika memang hal ini adalah benar dan kau tulus, kenapa dia tidak menuliskan kapan waktu kedatangannya ? apa yang dapat kau katakan tentang hal itu ?"

Kan Ze menunggu sampai akhir lalu tertawa lebih keras lagi dan berkata, "Aku sungguh senang kau tidak takut tetapi masih dapat menyombongkan dirimu dengan pengetahuan tentang buku2x perang. Sekarang kau tidak akan memimpin pasukanmu mundur, tetapi jika kau melawan, Zhou Yu pasti akan menghancurkanmu. Tetapi sungguh menyedihkan untuk berpikir aku mati ditangan seorang yang tidak mengenal karakter manusia !"

"Apa maksudmu dengan perkataanmu itu ?"

"Kau memperlakukan orang bijak dengan tidak sepantasnya. Kau dapat menghabisi aku sekarang juga dan kita sudahi masalah ini."

"Jika kau dapat memberikan alasan mengapa aku tidak perlu membunuhmu maka aku akan memperlakukanmu dengan baik."

"Apakah kau tidak tahu, ketika seseorang ingin membelot maka dia tidak bisa mengatakan kapankah kesempatannya akan tiba. Jika seseorang terlalu terpaku pada suatu saat tertentu dan pada saatnya maka hal itu tidak bisa dilakukan, maka rencana itu akan terbongkar. Seseorang harus mencari kesempatan dan mengambilnya ketika hal itu datang. Maka apakah mungkin seseorang tahu tepatnya kapan kesempatan itu datang ? Tetapi tampaknya kau tidak mengetahui hal2x sederhana seperti ini. Yang kau tahu hanya menghukum orang2x baik. Oleh karena itu kukatakan kau adalah orang yang tidak dapat menilai orang lain !"

Saat itu cao2x langsung merubah sikapnya, dia berdiri dan mendekat kearah tawanannya itu serta bersujud, "Aku tidak dapat melihat dengan jelas dan telah menyinggungmu dan aku harap kau mau melupakan hal itu."

"Kenyataannya Huang Gan dan aku berharap dapat mengikutimu. Karena itu kami tidak bermain-main siasat denganmu ?"

"Jika kalian berdua dapat memberikanku jasa besar, maka kalian akan kuberikan imbalan besar sekali."

"Kami tidak menginginkan pangkat dan kekayaan. Kami datang kemari karena sudah merupakan kehendak langit dan panggilan tugas negara."

Lalu arakpun dibawakan dan Kan Ze diperlakukan dengan hormat. Sementara ketika mereka sedang minum2x, seseorang datang dan berbisik ketelinga cao2x.

Dia menjawab, "Mana surat itu ?"

Segera seseorang mengeluarkan surat itu dan memberikannya pada cao2x, yang setelah membacanya lalu tersenyum.

"Pasti itu dari kedua marga Cai." Pikir Kan Ze,"Mereka pasti melaporkan mengenai hukuman yang diberikan Zhou Yu dan ini akan menjadi bukti ketulusan surat ini."

Berbalik pada Kan Ze, Cao2x berkata, "Aku harus memintamu untuk kembali dan memastikan tanggal kedatanganmu bersama temanmu itu. Segera setelah aku tahu, aku akan menyiapkan pasukan."

"Aku tidak dapat kembali. Aku harap kau dapat mengirimkan orang lain yang kau percaya."

"Jika orang lain yang pergi maka maka rencana ini akan terbongkar."

Kan Ze menolak lagi dan lagi tetapi akhirnya dia bersedia dan berkata, "Jika aku harus pergi aku tidak akan menunggu lagi. Aku harus pergi segera."

Cao2x menghadiahkan sutra dan emas, tetapi ditolak. Kan Ze lalu langsung meninggalkan kemah cao2x dan kembali ke tepi selatan dimana dia menceritakan semua yang terjadi pada Huang Gai.

"Jika bukan karenamu maka pasti rencana ini tidak akan berhasil." kata Huang Gai.

"Aku akan pergi sekarang dan mendapat berita mengenai kedua Cai itu." Kata Kan Ze.

"Bagus sekali," Kata Huang Gai.

Kan Ze lalu pergi kekemah Huang Gai.

Disana mereka duduk, Kan Ze berkata pada Gan Ning, "Aku sangat gelisah ketika aku melihat bagaimana kau dipermalukan kala engkau berusaha membela Huang Gai."

Gan Ning tersenyum. Saat itu kedua Cai itu datang dan Tuan Rumah serta tamunya itu saling bertukar pandang.

Gan Ning berkata, "Sebenarnya Zhou Yu itu terlalu percaya diri dan dia menganggap kita bukanlah siapa2x. Kita tidak dianggap ada. Setiap orang membicarakan bagaimana aku dihina."

Dan dia lalu memukul meja karena marahnya itu.

Kan Ze lalu mendekat pada Gan Ning dan berkata sesuatu, dimana Gan Ning lalu menundukan kepala dan menarik napas.

Cai He dan Cai Zhong mengira bahwa Kan Ze dan Gan Ning memiliki niat untuk desersi dan ingin mencobai mereka.

"Kenapa tuan, kau marah pada dia ? Kenapa kau diam saja mengenai kekecewaan hatimu itu ?" Kata mereka.

"Apa yg kalian ketahui mengenai kepahitan kami ?" Kata Kan Ze.

"Kami berpikir kau mau membelot pada Cao2x." Kata mereka.

Kan Ze langsung bermuka pucat dan Gan Ning berdiri dan mengeluarkan pedangnya serta berteriak, "Mereka telah tahu, mereka harus mati untuk membungkam mulutnya !"

"Jangan, Jangan !!!" Teriak kedua orang itu sambil tergesa-gesa menghindar. "Aku akan memberitahumu suatu rahasia."

"Kalau begitu cepatlah !" Teriak Gan Ning.

Lalu Cai He berkata, "Sesungguhnya kami hanya berpura-pura menyerah dan jika kalian berdua ingin bergabung dgn cao2x maka kami dapat mengaturnya untuk kalian."

"Tetapi dari mana aku tahu kalian berkata jujur ?" Kata Gan Ning.

"Apakah kami mungkin berkata seperti ini jika kami tidak jujur ?" Kata Keduannya.

Gan Ning cukup puas dengan jawaban mereka dan berkata, "ini merupakan kesempatan yang diberikan langit."

"Kau tahu, kami telah menceritakan pada Cao2x mengenai masalah Huang Gai dan bagaimana kau dihina."

"Sesungguhnya aku telah menyerahkan surat pada tuan perdana menteri mewakili Huang Gai dan dia mengirimku kembali untuk merampungkan rencana pembelotan Huang Gai." Kata Kan Ze.

"Ketika seorang yang jujur menemukan Tuan yg bijaksana, hatinya selalu akan memikirkan dirinya." Kata Gan Ning.

Ke 4 orang itu lalu minum bersama dan saling membuka hati masing2x. Cai Zhong dan Cai He menulis surat pribadi kepada tuannya yang isinya mengatakan bahwa Gan Ning telah setuju untuk bergabung dan Kan Ze juga mengirim surat yang sama pada Cao2x.

Walaupun begitu, Ketika Cao2x menerima kedua surat ini, dia masih ragu dan memanggil para penasehatnya dan membicarakan masalah2x ini.

Kata dia, "Dilain sisi, Gan Ning telah dipermalukan oleh Zhou Yu yang siap dia khianati demi membalas dendam. Huang Gai juga telah dihukum dan mengirim Kan Ze untuk membelot. Hanya saja aku masih sulit percaya semua hal ini. Siapa yang mau pergi kekemah mereka dan mencari kebenarannya ?"

Lalu Jiang Gan berkata, "Aku telah gagal pada misi tempo hari dan sekarang aku sangat ingin membayar kegagalanku. Aku akan mempertaruhkan nyawaku lagi dan kali ini aku pasti akan membawa kabar baik."

Cao2x menyetujui mengirim dia sebagai mata2x dan memintanya untuk segera pergi. Jiang Gan pergi dan segera dia tiba dikemah Zhou Yu.

Mendengar siapa yang datang ,Zhou Yu berkata, "Keberhasilan rencanaku tergantung pada orang ini."

Lalu Zhou Yu memanggil Lu Su dan memerintahkannya memanggil Pang Tong untuk melakukan beberapa hal untuknya.

Pang Tong ini berasal dari Xiang Yang dan dia telah pergi ketimur untuk berkerja. Lu Su merekomendasikan dia pada Zhou Yu tetapi Pang Tong belum menunjukan dirinya.

Ketika Zhou Yu mengirim Lu Su untuk bertanya rencana penyerangan seperti apa yang baik untuk dilakukan pada Cao2x, Pang Tong berkata pada Lu Su, "Kau harus menggunakan Api melawannya. Tetapi sungai sungguh lebar dan jika satu kapal terkena api, maka yang lainnya akan terpencar-pencar kecuali jika mereka terikat kuat satu sama lainnya sehingga mereka akan tetap berada disatu tempat. Ini adalah jalan menuju kemenangan."

Lu Su lalu kembali dan menjelaskan pada Zhou Yu mengenai rencana ini dan dia lalu berkata, "Yang dapat menjalankan rencana ini hanyalah Pang Tong sendiri."

"Cao2x sangatlah licik." Kata Lu Su, "Bagaimana mungkin Pang Tong dapat pergi ?"

Lalu Zhou Yu menjadi sedih dan tidak dapat memutuskan, dia tidak dapat memikirkan cara apapun sampai tiba2x sebuah ide muncul akibat kedatangan Jiang Gan.

Zhou Yu segera mengirim instruksi pada Pang Tong bagaimana dia harus bertindak dan kemudian dia duduk didalam tendanya untuk menunggu Jiang Gan.

Tetapi kemudian Jiang Gan menjadi curiga dan menjadi tidak tenang ketika dia mendapatkan bahwa Zhou Yu tidak datang menyambut. Dia memerintahkan perahunya untuk bersembunyi disebelah selatan sebelum dia berangkat ke tenda Zhou Yu.

Ketika Zhou Yu melihat Jiang Gan, Zhou Yu langsung marah dan berkata, "Temanku, kenapa kau mengkhianati aku ?"

Jiang Gan tertawa dan berkata, "Aku mengingat masa lampau ketika kita adalah saudara dan aku datang untuk berbincang denganmu, kenapa kau mengatakan bahwa aku memperlakukanmu dengan buruk ?"

"Kau datang untuk membujukku mengkhianati tuanku, suatu hal yang tidak akan kulakukan kecuali laut mengering dan seluruh tanah telah lenyap. Karena masih mengingat masa lalu, aku memperlakukanmu dengan baik. Dan kau, kau mencuri surat2xku dan meninggalkanku tanpa ucapan selamat tinggal. Kau mengkhinatiku untuk cao2x dan menyebabkan kematian kedua temanku serta membuat rencanaku berantakan. Sekarang untuk apa kau datang ? Tentunya bukan karena kau memikirkanku. Aku akan memenggalmu jika bukan karena persahabatan kita. Aku akan mengirimmu kembali dalam satu atau dua hari lagi setelah aku menyerang pemberontak tua itu. Jika aku membiarkanmu tinggal dikemahku maka seluruh rencanku akan rusak. Jadi aku akan membawamu untuk tinggal di bukit barat dan menjagamu disana sampai aku telah menang. Lalu aku akan mengirimmu kembali."

Jiang Gan ingin mengatakan sesuatu tetapi Zhou Yu tidak mendengarkan. Dia segera berbalik dan pergi. Pengawal membawa Jiang Gan pergi, menaikannya diatas kuda dan membawa dia pergi kebukit barat, disebuah gubuk tua. Kedua prajurit berjaga2x disekitar situ.

Ketika Jiang gan sedang sendiran di gubuk itu, dia sangatlah tertekan dan tidak makan serta tidur. Tetapi suatu malam, ketika sinar bintang sedang terangnya, dia berjalan2x di sekitar gubuk itu untuk menikmati suasan. Kemudia tiba2x dia mendengar suara2x dibelakangnya, dia mendengar suara orang sedang membaca buku. Dia mendekat perlahan-lahan dan dia melihat sebuah tenda kecil dibalik tebing dimana ada seseorang didalamnya sendang membaca buku diterangi lilin. Dia mendekat untuk mengintip dan dia melihat seorang sedang duduk membaca buku "Siasat perang Sun Tzu".(Sun Tzu Ping Fa)

"Ini pasti bukan orang biasa" Pikir Jiang Gan, lalu dia berdehem untuk memberitahu ada orang.

Kemudian Pang Tong keluar dan memberinya sambutan. Jiang Gan lalu menanyakan namanya.

"Aku adalah Pang Tong."

"Jadi kau tentu adalah Guru Phoneix, benarkah ?"

"Ya, Aku adalah dia."

"Aku sudah sering sekali mendengar namamu ! Kau sangat terkenal. Tetapi mengapa kau bersembunyi ditempat ini ?"

"Zhou Yu terlalu takut jika ada orang lainnya yang dapat menyainginya sehingga aku bersembunyi disini. Tetapi siapakah namamu tuan ?"

"Aku adalah Jiang Gan."

Lalu Pang Tong menyambutnya dan memintanya masuk dan kemudian keduanya duduk sambil berbincang-bincang.

"Dengan bakatmu, kau akan dapat sukses dimanapun," Kata Jiang Gan, "jika kau mau mengikuti Cao2x, aku akan merekomendasikanmu padanya."

"Aku telah lama ingin pergi dari sini dan jika kau, tuan, mau memperkenalkan aku, maka aku sangat berterima kasih. Jika Zhou Yu mendengar hal ini, maka dia pasti akan membunuhku. Kita Harus segera pergi dari sini."

Tanpa membuang-buang waktu lagi, mereka segera turun melewati jalan setapak yang ditunjukan Pang Tong menuju pantai dimana Jiang Gan mencari perahunya. Mereka segera pergi begitu menemukan perahu itu dan kemudian sampai di tepi utara. Lalu Jiang Gan membawa Pang Tong menemui Cao2x dan kepadanya diceritakan kisahnya itu.

Ketika Cao2x mendengar bahwa yang datang itu adalah Guru Phoenix, Cao2x langsung menemuinya secara pribadi dan menerimanya dengan baik.

Cao2x berkata, "Zhou Yu ternyata sangat menyebalkan para bawahannya dan menolak saran2xnya. Aku mengetahui itu, tetapi ketenaranmu telah lama kudengar dan sekarang kau telah begitu baiknya mau datang ketempatkau. Aku harap kau mau memberikan nasehat2xmu padaku."

"Aku juga mengetahui bahwa kau adalah seorang ahli militer, tetapi aku ingin melihat penempatan pasukan-pasukanmu." Kata Pang Tong.

Lalu kuda dibawakan, dan keduanya berkuda keatas bukit untuk melihat formasi pasukan dan benteng serta posisi kapal2x perang.

Setelah melihat sekelilingnya lalu Pang Tong berkata, "Wu Qi si Jendral Besar telah hidup kembali, diapun tidak akan bisa berbuat lebih baik, bahkan Sun Tzu Ahli strategi terkenal itu tidak akan dapat mencari celah dari penempatan pasukan ini. Semua sesuai dengan aturan dan keadaan. Kemah disamping bukit dan dijaga dari sisi dengan hutan2x lebat. Didepan dan belakang daerah luas dapat terawasi dengan baik. Semua jalan masuk dan mundur telah diatur sangat baik."

"Guru, aku harap kau tidak memujiku berlebihan, tetapi untuk menasehati aku dimana aku dapat membuat peningkatan bagi pasukanku." Kata Cao2x.

Lalu kedua orang itu turun menuju perkemahan pasukan laut, dimana 24 pintu air diatur menghadap selatan. Kapal2x perang kelas Jelajah dan kelas Tempur semua dijejerkan untuk melindungi kapal2x yang lebih lemah.

Pang Tong melihat semuanya itu dan tersenyum serta berkata, "Tuan perdana menteri, jika ini adalah caramu dalam mengatur peperangan, maka ternyata reputasimu bukanlah omong kosong."

Lalu sambil menunjuk arah selatan, dia meneruskan, "Zhou Yu! Zhou Yu ! Kau telah habis. Kau harus mati sekarang."

Cao2x sangatlah senang. Mereka lalu berkuda kembali ke kemah utama dan anggur dibawakan bagi mereka sambil membicarakan masalah militer. Dan Pang Tong berada disana sampai larut malam. Komentar dan pujian saling dilontarkan, dan cao2x sangat terkesan dengan kemampuan dari Pang Tong dan memperlakukan dia dengan sangat hormat.

Pang Tong lalu bertanya, "Apakah kau memiliki ahli pengobatan di pasukanmu ?"

"Unutuk apakah mereka, guru ?" tanya Cao2x.

"Banyak orang yang sakit diantara pasukanmu dan kau harus mencari obat untuk mereka."

Faktanya saat ini pasukan cao2x banyak yang sakit akibat cuaca diselatang. Banyak yang muntah dan tidak sedikit yang telah mati. Ini adalah sumber kekhawatiran yang besar bagi dirinya. Tidak ada yang tahu mengapa penyakit ini bisa timbul dan menyebar begitu cepat. Dan karena kebetulan Pang Tong menyebutkan hal itu maka dia meminta nasehat.

Pang Tong berkata, "Kekuatan angkatan lautmu sangat mengesankan, tetapi ada satu masalah tampaknya. Hal ini tidak sempurna."

Cao2x menanyakan hal apakah itu.

"Aku memiliki rencana untuk mempermudah pasukanmu agar tidak sakit lagi dan dapat berperang dengan baik."

"Aku harap kau menjelaskan rencanamu ini . " Kata Cao2x.

"Sungai sungguh lebar, dan pasang air sangatlah tinggi. Angin dan ombat tidak pernah berhenti. Pasukanmu berasal dari utara dan tidak terbiasa berperang dilaut. Pergerakan ombak membuat mereka tidak nyaman dan ada beberapa yang sakit. Jika kapal2x perangmu, besar dan kecil semua dibagi menjadi kelompok2x ang masing2x berjumlah 30 kapal atau 50 kapal dan mengabungkan mereka satu demi satu deng rantai besi dan memasang papan2x diantara mereka sehingga para prajurit dapat berpindah dari satu kapal ke kapal yang lainnya dan bahkan kudapun dapat bergerak dengan leluasa diantara kapal2x itu. Jika hal ini telah dilakukan maka kita tidak perlu khawatir kepada angin dan ombat serta pasang- surut air. Lalu biasakan anak buahmu meminum air yang telah dimasak dan jangan biarkan mereka berjalan tanpa alas kaki ketika melintasi daerah rawa2x sekitar sungai. Buatlah kelambu ditenda2x mereka untuk menghindari serangga pembawa penyakit dimalam hari. Jika telah kau lakukan ini semua maka pasukanmu tidak akan sakit lagi."

Langsung berdiri dari tempat duduknya, cao2x berterima kasih kepada tamunya dan berkata, "Aku tidak akan pernah dapat mengalahkan dataran selatan tanpa petunjuk darimu."

"Ini hanyalah ideku," Kata Pang Tong, "Kaulah yang harus memutuskan hal ini."

Perintah segera diberikan untuk memanggil semua pandai besi dan lalu memerintahkan mereka membuat rantai besar. Mereka semua berkerja siang dan malam, membuat rantai besi dan pasak besi besar untuk mengunci kapal2x perang cao2x. Dan para prajurit bergembira mendengar rencana ini.

Pang Tong lebih lanjut berkata pada cao2x, "Aku tahu banyak orang hebat dilain sisi yang membenci Zhou Yu. Jika aku dapat ijin darimu maka aku akan pergi menemui mereka dan mengajaknya menemui dirimu. Jika Zhou Yu telah sendirian, kau pasti akan dapat menangkap dia dengan mudah. Dan Liu bei bukan lagi masalah yang perlu kau cemaskan."

"Jika kau dapat mebantuku menjalankan rencana besar ini, aku akan memberikan kedudukan dan jabatan tinggi padamu diistana." Kata Cao2x.

"Aku tidak melakukan ini untuk kekayaan dan kehormatan, Tetapi karena ingin menyelamatkan umat manusia. Jika kau melintasi sungai, aku harap kau mau berbelas kasih."

"Aku adalah jalan Langit dalam melakukan apa yang benar dan aku tidak akan dapat membunuh rakyat sembarangan."

Pang Tong berterima kasih padanya dan memohon padanya untuk membuatkan surat yang akan melindungi keluarganya.

Cao2x bertanya, "Dimanakah mereka tinggal ?"

"Semua hidup didekat tepi sungai."

Dan Cao2x memerintahkan agar kertas dan tinta disiapkan, Setelah menulisnya dia membubuhkan capnya dan menyerahkan itu pada Pang Tong.

Pang Tong berkata, "Kau harus menyerang segera setelah aku pergi, tetapi jangan biarkan Zhou Yu mencurigai apapun."

Cao2x menjanjikan kerahasiaan rencana ini dan dengan itu Pang Tong pun pergi. Pada saat dia tiba ditepi sungai, dia bertemu dengan seseorang berpakaian pendeta Tao, dengan sisir bambu dirambutnya yang memberhentikannya.

Orang itu berkata, "Kau sangat berani, Huang Gai merencanakan untuk menggunakan 'Taktik melukai diri sendiri', dan Kan Ze menyerahkan surat pembelotan. Kau telah mengusulkan rencana merantai kapal sehingga api akan menghancurkan mereka semua. Siasat ini bahkan dapat mengelabui cao2x tetapi aku melihat ini semua."

Pang Tong lalu ketakutan, seluruh nadinya serasa berhenti dan rohnya serasa terbang keluar dari tubuhnya.